Cegah Bullying, Guru Diminta Sambut Siswa Sebelum Masuk Kelas

KEMENDIKBUDINFO.COM_Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo ambil langkah sebagai antisipasi terjadinya kasus bullying di sekolah. Guru diminta untuk menekankan pendidikan karakter pada siswa. Disisi lain kepala sekolah juga aktif dalam melakukan pemantauan sistem pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Darno, mengatakan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo sudah mengambil langkah sejak lama sebagai antisipasi terjadinya kasus bullying di sekolah. Selain itu juga bentuk pencegahan berbagai bentuk pelanggaran dan kenalakan siswa.



Sekolah ditekankan untuk lebih mengedepankan penanaman pendidikan karakter. Selain itu juga mengajarkan budi pekerti pada siswa dengan langsung memberikan contoh nyata. Hal itu diharapkan bisa memberikan pengaruh besar bagi perkembangan siswa baik di sekolah maupun di luar.

“Bentuk paling sederhana yang sudah diterapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo disemua sekolah yakni mewajibakn guru menyambut kedatangan siswa sebelum masuk belajar di kelas,” ujarnya.

Darno menjelaskan, di masing masing sekolah sudah menerapkan sistem piket terhadap guru untuk berdiri di depan gerbang sekolah menyambut kedatangan siswa. Para siswa yang datang kemudian memberikan salam dan penghormatan pada guru. Program tersebut diharapkan mampu mendeteksi apabila terjadi masalah pada siswa. Selain itu juga antisipasi apabila ada bullying di sekolah terhadap siswa.

Pemantauan juga dilakukan sekolah dengan melihat perkembangan media sosial dan aktif melakukan komunikasi antara guru dengan siswa. Kepala sekolah juga memiliki peran penting dengan bertanggungjawab menjaga sistem program pendidikan yang sudah disusun berjalan lancar.

“Termasuk kepala sekolah juga wajib menanamkan pendidikan karakter dan mengajarkan budi pekerti pada siswa. Hal sepele dengan datang pagi dan menyambut kedatangan siswa sebelum masuk kelas,” lanjutnya.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo sampai sekarang belum menemukan kasus bullying di sekolah. Meski demikian, pihak sekolah diminta wajib memantau dan memberikan laporan perkembangan sistem pendidikan mereka ke dinas.

“Baik sebelum, selama dan sesudah kegiatan belajar mengajar guru harus aktif memantau siswa. Hal sama juga ditekankan pada siswa apabila menemui masalah maka segera melaporkanya ke guru,” lanjutnya. 

Sumber : krjogja.com

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.KEMENDIKBUDINFO.COM,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

0 Response to "Cegah Bullying, Guru Diminta Sambut Siswa Sebelum Masuk Kelas"

Post a comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel